Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : IX
Semester : 2
Aspek : Ukuran Pemusatan Data
Standar Kompetensi : 3. Melakukan pengolahan dan penyajian data
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
1. Standar Kompetensi
3. Melakukan pengolahan dan penyajian data
2. Kompetensi Standar
3.1 Menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penafsirannya
3. Indikator
1. Menyebutkan definisi mean (rata-rata), median, dan modus.
2. Menghitung mean, median, dan modus.
4. Tujuan Pembelajaran
1. Dikondisikan sebuah diskusi kelas yang melibatkan semua siswa dan setiap siswa diberikan sebuah bungkusan berisi permen dengan jumlah yang berbeda-beda, siswa dapat menyebutkan definisi dan menentukan nilai median melalui kegiatan yang dilakukan dengan tepat.
2. Dikondisikan sebuah diskusi kelas yang melibatkan semua siswa dan setiap siswa diberikan sebuah bungkusan berisi permen dengan jumlah yang berbeda-beda, siswa dapat menyebutkan definisi dan menentukan nilai modus melalui kegiatan yang dilakukan dengan tepat.
3. Dikondisikan sebuah diskusi kelas yang melibatkan semua siswa dan setiap siswa diberikan sebuah bungkusan berisi permen dengan jumlah yang berbeda-beda, siswa dapat menyebutkan definisi dan menentukan nilai mean melalui kegiatan yang dilakukan dengan tepat.
4. Diberikan sebuah data, siswa dapat menghitung nilai mean, median, dan modus dengan benar.
5. Model Pembelajaran
Model : Diskusi Kelas
Pendekatan : Problem-Based Discusssion
Metode : Inquiry and Discovery Method
6. Sumber Pembelajaran
• Buku Siswa Elektronik: Matematika SMP/MTs Kelas IX Bab 3
• LKS 3.2: Ukuran Pemusatan Data
7. Alat dan Bahan
• Permen
• Media : Presentasi PowerPoint
8. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (± 15 menit)
Fase Kegiatan Alokasi Waktu Media
I. Provide objective and set Mengkomunikasikan garis besar kompetensi dasar dan indikator yang akan dipelajari. 15’
Memperkenalkan siswa pada konsep populasi dan sampel. Siswa diminta untuk menebak populasi dan sampel dari satu kotak permen dan menjelaskan perbedaannya.
Guru meminta bantuan kepada siswa untuk mengatur ruang kelas sehingga ada ruang yang cukup luas di tengah atau di depan kelas.
Inti (± 45 menit)
Fase Kegiatan Alokasi Waktu Media
II. Focus the discussion Siswa diberikan masing-masing sebuah bungkusan yang berisi permen dengan jumlah yang berbeda-beda. Guru memberitahu siswa untuk tidak membuka bungkusan yang diterimanya lebih dahulu. 45’ Permen dan Presentasi PowerPoint
Guru meminta siswa untuk membuka bungkusan yang diterimanya bersama-sama.
Siswa diminta menghitung jumlah permen yang diterimanya, lalu berdiri dengan urutan sesuai dengan jumlah permen yang diterimanya, mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar
Setelah berdiri berdasarkan urutan jumlah permennya, siswa diminta untuk menentukan orang yang menempati posisi tengah dalam urutan jumlah permen tadi.
Guru menanyakan kepada siswa yang berada di posisi tengah berapa jumlah permen yang diterimanya. Guru lalu menjelaskan kepada siswa kalau jumlah permen yang diterima siswa yang berada di posisi tengah tersebut disebut sebagai median.
III. Hold the discussion Siswa diminta untuk menyebutkan definisi median berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan.
II. Focus the discussion Setelah itu, guru meminta siswa untuk berkelompok berdasarkan jumlah permen yang diterima, lalu siswa diminta untuk menentukan kelompok mana yang beranggota paling banyak.
Guru lalu menjelaskan kepada siswa kalau jumlah permen yang diterima oleh kelompok yang beranggota paling banyak dinamakan modus.
III. Hold the discussion Siswa diminta untuk menyebutkan definisi modus berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan.
II. Focus the discussion Selanjutnya, guru meminta siswa untuk berbagi permen dengan temannya secara adil sehingga setiap siswa akan mendapatkan jumlah yang sama. Guru lalu menjelaskan kalau jumlah permen yang diterima oleh setiap siswa setelah berbagi satu sama lain dinamakan mean.
III. Hold the discussion Siswa diminta untuk menyebutkan definisi mean berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan.
IV. End the discussion Selanjutnya, guru menyampaikan definisi mean, modus, dan median melalui presentasi PowerPoint.
V. Debrief the discussion Guru meminta siswa untuk membandingkan definisi mean, median, dan modus yang disampaikan oleh guru melalui presentasi PowerPoint dengan definisi yang telah mereka utarakan sebelumnya.
Guru meminta siswa untuk mengevaluasi pendapat yang telah mereka utarakan sebelumnya mengenai pengertian mean, median, dan modus.
Penutup (± 20 menit)
Kegiatan Alokasi Waktu Media
1. Membagikan LKS 3.2: Ukuran Pemusatan Data dan meminta siswa mengerjakannya secara individu.
2. Siswa diberi pekerjaan rumah, yaitu soal-soal Tugas 3.2 di Buku Siswa Elektronik: Matematika SMP/MTs Kelas IX Bab 3 halaman 59.
3. Siswa diminta untuk menuliskan kesan dan pesannya selama proses pembelajaran yang berkaitan dengan materi dan juga mengajar guru. 20’ LKS 3.2, BSE Matematika SMP/MTs Kelas IX
9. Penilaian
Penilaian berbasis kelas tentang materi yang tercakup dalam RPP ini dapat dilakukan dengan menggunakan LKS 3.2 dan juga kuis tentang ukuran pemusatan data yang akan diberikan di pertemuan selanjutnya.
LAMPIRAN
LKS 3.2: UKURAN PEMUSATAN DATA
TUGAS 3.2
KUIS
RPP Matematika
06:59 |
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment